Founder

SELAMAT DATANG

Selamat datang di Anambas Creative, semoga saja anda bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya. Jangan lupa FOLLOW nya ya...

Sekilas Tentang Saya

Nama saya Riyo Saputra,saya seorang Mahasiswa S1 Agrobisnis Perikanan UR, Pekanbaru, Riau. Saya berasal dari Tarempa, Kepulauan Anambas

Social Network

Aku belum mengalami kegagalan. Aku hanya menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil (Thomas A. Edison)

Anambas Creative: Cara Mengasah Kreatifitas

Kamis, 10 Januari 2013

Cara Mengasah Kreatifitas

Sering kali kita mendengar kata KREATIF, tetapi apasih kreatif itu ?
Menurut Conny R.Seniawan, kreativitas merupakan kemampuan untuk memberikan gagasan–gagasan baru dan menerapkanya dalam pemecahan masalah. Kreatif juga biasa diartikan memiliki kemampuan untuk menciptakan.
Banyak cara untuk mengasah kreatifitas dalam diri kita mulai dari yang serius memikirkan dengan seksama namun ada juga yang datang ide begitu saja, masing – masing orang memiliki caranya sendiri. Ada yang mencari inspirasi melalui internet atau buku, ada yang sambil makan (untuk yang memiliki kebiasaan ini hati-hati bisa gemuk), sambil nongkrong sama teman bahkan sambil berkendara, di mobil atau motor (awas nabrakkk….kkk..) nah banyak juga yang sambil melamun sendirian like me…
Untuk dreaming boy seperti saya kreativitas itu adalah implementasi dari imajinasi, seperti buku gambar dengan khayalan. Seorang Thomas Alpha Edison dapat menemukan bola lampu tidak semata-mata karena dia pintar atau jenius, namun karena dia dapat mengimplementasikan imajinasinya, dengan kata lain “He is Creative”.
Sama seperti sebuah event yang menyatukan visi antara penyelenggara acara dengan audiencenya, mencari tau apa yang sedang digandrungi audience dan hal-hal lain yang menarik, agar dapat menyugukan sebuah karya yang indah, hiburan yang mengesankan, bahkan sesuatu yang tak pernah ada sebelumya, sehingga memberi manfaat yang positif terhadap seluruh pemilik kepentingan event tersebut, mulai dari penyelenggara acara hingga seluruh audience.
Menjadi orang yang kreatif tidaklah harus memiliki bakat atau belajar secara formal, tidak sesulit itu kok. Ada pepatah bijak berkata “ala bisa karena biasa” kreativitas itu bisa di asah kok. Nah bagaimana cara kita agar dapat memaksimalkan kretivitas? Coba cermati 3 langkah berikut ini yaitu Inspirasi, Eksplorasi dan Ekspresi:
Inspirasi
Carilah sebuah momentum saat kita mendapatkan bola lampu yang menyala di atas kepala kita dan ber kata “aha”. Untuk mendapatkan inspirasi memang gampang-gampang susah tapi semua bisa di kondisikan.
Nah untuk sedikit membantu proses ini cobalah cari moment yang bagus misal saat malam hari sambil melihat bintang dan cahaya bulan, atau bisa juga sambil minum kopi di teras rumah, sambil berdoa juga oke.
Eksplorasi
Nah inilah kunci dari kreatifitas dan untuk memahaminya kita jabarkan saja kata “CREATE” itu sendiri:
C, Combine (menggabungkan) – Gabungkanlah suatu hal dengan hal lain, ini seperti bermain kombinasi warna misal warna merah dan kuning akan menghasilkan orange atau warna kuning dengan biru akan menghasilkan warna hijau. Dalam sebuah event kalian dapat mengkombinasikan music dengan tari, tata suara dengan tata cahaya, atau yang tidak umum seperti gamelan dengan band metal “wow… pasti keren”.
R, Reverse (membalik) – Kalian dapat membalik balikan beberapa bagian atau proses, pernah nonton serial TV Hero atau back to the future yang adegannya selalu flash back antara masa kini, dulu dan akan datang menarik bukan.
E, Eliminate (menghilangkan) – Cobalah menghilangkan beberapa bagian, saat sepatu high heel sebelak kiri kalian patah dan lokasi toko sepatu sangat jauh anda bisa meng hilangkan hak sepatu yang sebelah kanan agar tingginya sama dengan yang sebelah kiri, saya rasa itu cukup kreatif.
A, Alternative (kemungkinan) – Cobalah cari kemungkinan – kemungkinan lain dalam setiap ide ltratif mu, mungkin menggunakan cara, bahan atau apapun yang membuat suatu hal berbeda dari biasanya.
T, Twist (memutar) – Sama halnya dengan dunia fashion ada sebuah siklus trend di setiap jaman yang kadang kembali ke jaman yang telah lampau, boy band dan girl band yang saat ini sedang trend di era 90s pernah terjadi trend yang sama loch…
E, Elaborate (memerinci) – Cobalah tambahkan sesuatu dalam ide kalian mungkin hal yang iconic sehingga dapat menjadi ciri di setiap ide kreatif yang kalian buat.
Nah jangan pernah takut untuk mengeksplorasi diri kalian karena hal ini akan membuat kalian lebih kreatif.
Ekspresi
Ungkapan emosi atau perasaan di dalam proses penciptaan karya yang biasa kita kenal dengan kata ekspresi sagatlah penting karena hal ini adalah ruh dari sebuah kreativitas, Seperti seorang aktor yang sedang berakting atau melodi dalam sebuah lagu.
Ekspresi dan kreativitas sangan berkaitan satu sama lain karena kreativitas tanpa ekspresi tidak akan memiliki makna atau jiwa, sedangkan ekspresi tanpa kreatifitas pastinya akan baku tanpa sesuatu yang baru dan tidak akan berkembang sehingga menjadi sebuah karya yang besar.
Tips  :
•    Note, jangan lupa catat setiap ide atau inspirasi yang kalian dapat karena terkadang kita sering kali lupa.
•    Sharing, bertukar fikiran dengan orang lain (tidak harus yang anda kenal) membuat pengetahuan kalian bertambah dan itu membantu kalian untuk membuat ide-ide yang kreatif.
•    Visiting, kunjungi tempat-tempat yang mungkin dapat menginspirasi kalian, jika kalian seorang Event Organizer kalian dapat mengunjungi beberapa event yang tidak sejenis sehingga kalian bisa mengeksplorasi event tersebut, keluar negeri pasti lebih seru.
•    Update, selalu meng update informasi khususnya dalam dunia technology yang cepat berkembang.
•    Relax, hal ini sangat penting dengan fikiran yang tenang pasti akan melahirkan ide-ide yang cemerlang, lakukan relaksasi yang sesuai dengan diri kalian masing-masing. Kalian dapat melakukan hal yang paling mudah seperti menarik nafas dalam-dalam karena oksigen yang kalian butuhkan akan didistribusikan ke otak sehingga anda akan lebih rileks, minum teh juga oke…
•    Mood, buat hari kalian ceria karena itu akan mempengaruhi diri dalam membuat sesuatu khususnya kreativitas.
•    Positive Thinking, Fikiran yang positif akan menghasilkan sesuatu yang positif sedang fikiran yang negative akan melahirkan hal yang negative pula, buat lah kreativitas yang positif agar bermanfaat bagi orang banyak.
Tentunya butuh waktu untuk mempertajam keahlian seseorang, begitu juga dengan kreatifitas dan semakin kita menerapkannya semakin handal kita dalam melakukannya. Tetapi seperti pepatah, perjalanan itu bermula dari langkah pertama. Saya sangat berharap tips dan trik yang telah sampaikan berguna bagi anda dalam perjalanan tersebut.

sumber : http://bmicg.com/mengasah-kreatifitas-dalam-diri-kita/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Translate